aseptia

Memento Mori — Ingat, Kau Pasti Mati

Unknown

Tak semua pertanyaan harus dijawab saat ini juga, Bung. Entah sudah berapa orang yang mengingatkanku beberapa bulan ini. Bukankah dalam tiap perjalanan yang paling menyenangkan bukanlah tujuannya tapi apa yang terjadi menuju ke tujuan itu? Tapi sekali waktu kita bisa menjadi buta, Bung. Maka beruntunglah aku yang selalu menemukan orang-orang yang menamparku lalu membuatku membuka mata dan menikmati perjalanan kembali tanpa terlalu peduli apa yang ada di akhir.

Sama seperti keingintahuanku pada hal-hal yang tidak kuketahui, Bung. Hidup ini absurd. Tidak semua pola bisa terlihat saat ini juga. Sialnya manusia akan selalu kekurangan data. Apalagi bagi mereka yang menjebak dirinya pada stagnansi ruang dan waktu. Tak banyak pola yang mereka baca, tak cukup luas dan dalam pula dimensi hidup terpahami.

Tapi aku menikmatinya, Bung. Alien yang membuatku bertanya-tanya dan tanpa sadar membuatku menikmati ketidaktahuanku tentangnya. Berinteraksi dengannya membuat paradoks dalam hidupku semakin bertambah saja. Sekali waktu ia mengajarkanku tentang Tauhid (lagi), sekali waktu ia mengajarkanku tentang keyakinan, sesuatu yang telah kulepeh sejak sekian lama. Lalu hal-hal itu kupungut lagi, kumaknai lagi, kutertawakan lagi enyimpulanku yang terlalu cepat ketika itu. Hahahahaha. Hidup memang lucu.

Lucunya hidup lagi, Bung, kita bisa menghancurkan semuanya dan memulai segalanya dari awal kapanpun kita mau. Jika dan hanya jika kita telah selesai dengan diri kita saat itu. Bukankah menyenangkan, Bung, mengarungi kecairan dan ketidakpastian dalam hidup? Seperti kata Mbah Pram, bung, tak ada yang luar biasa dalam hidup, yang luar biasa hanya penafsirannya.

Dan diantara semua yang datang-pergi, semua pertanyaan-jawaban saat ini, hidup yang makin tanpa sekat dengan dimensi yang makin luas dan dalam, adakah engkau akan tetap ada, Bung? Adakah engkau akan tetap ada diantara dia-dia yang lain?

Ah, entah kenapa sekarang aku punya keyakinan absurd itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 28, 2014 by in Bung, Rekayasa Otak.
Product Logic

Dan Schmidt's thoughts on building products.

The Hardest Science

A psychology blog. Thoughts about the mind, science, society, and whatever else.

Bermatematika

Blog Matematika ala Hendra Gunawan

Bersains

#Bersains

Jejak Kehidupan

"SEringkali hidup ini menyakitkan, seringkali hidup ini membosankan, bahkan seringkali hidup ini mengecewakan. Tetapi dibalik semua itu tersimpan suatu harapan unutk mencapai keberhasilan dan kesuksesan" Tuhan memberikan kita dua kaki untuk berjalan, dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat. Tetapi mengapa Tuhan hanya menganugerahkan sekeping hati pada kita ? Karena Tuhan telah memberikan sekeping lagi hati pada seseorang untuk kita mencarinya. Itulah Cinta ...

Maritime Cyprus

International Maritime News Forum

Othervisions

there's a life beyond our life, so go out there

LADYKITARI

Writing to reach you.

KATA NYA

"you're here for a reason"

%d bloggers like this: