aseptia

Memento Mori — Ingat, Kau Pasti Mati

Platonic Love

quote-platonic-love-is-love-from-the-neck-up-thyra-samter-winslow-288589

pagi ini di timeline twitter saya akun (at)yeahmahasiswa me-retweet tweet berikut : “bagi anak 90 an friendzone lebih dikenal dengan Platonic Relationship, dan bukan jadi bahan ejekan, tapi justru bangga”.

saya jadi teringat dengan asal mula istilah platonic love ini. istilah ini mulai muncul dari dialog Plato yang berjudul “The symposium”. asal mula istilah platonic love ini adalah dari dongeng yunani kuno, dari kisah cinta antara Eros dan Psyche.

Awamnya, saya mengartikan platonic love ini sebagai : cinta yang benar-benar murni, cinta tanpa keinginan untuk “memiliki”, cinta yang tujuannya cuma memberi tanpa harap kembali, cinta tanpa perlu ada kata “karena”.

nah, balik lagi ke kisah eros-psyche yang menjadi dasar istilah platonic love. eros sering digambarkan sebagai “cupid” sekarang. eros adalah dewa termuda di olympus yang bersifat kekanak-kanakan dan suka mengacau. Eros ini adalah anak dari aphrodite (dewi cinta) dan ares (dewa perang). psyche sendiri adalah putri dari raja dan ratu Yunani saat itu. suatu saat, psyche menjadi pendeta di kuil aphrodite. saking cantiknya psyche, orang-orang mengira psyche adalah aphrodite. aphrodite yang marah karena kencantikannya dianggap sama dengan manusia. dan aphrodite mengutuk psyche akan menikahi pria terjelek di dunia. eros sendiri pada akhirnya jatuh cinta pada psyche.

pada akhirnya psyche menikah dengan seorang pria yang cuma dia kenali dari wujud suaranya dan baru bisa dia temui saat malam gelap gulita. pernikahan psyche dengan pria itu “cuma” dilandaskan kepercayaan tanpa tahu wujud fisik pria itu sebenarnya bagaimana. bagi psyche yang ada hanyalah kepasrahan dalam mencintai pria itu. namun, kakak-kakak psyche menggoda psyche untuk mengetahui wujud pria tersebut, kakak-kakak psyche menakut-nakuti bahwa wujud dari pria tersebut benar-benar buruk rupa dan seperti monster. lalu psyche akhirnya jadi bimbang dan mengintip wujud suaminya  yang ternyata adalah eros, bukannya seorang pria yang sangat jelek. eros yang merasa terkhianati oleh psyche karena psyche melanggar janjinya pada akhirnya terbang meninggalkan psyche yang menyesal karena tergoda oleh kakak-kakaknya dan melupakan sejenak kepasrahan cintanya pada eros.

lalu, psyche menghadap aphrodite, ibu eros untuk kembali bisa bersama eros, aphrodite memberikan tugas-tugas kepada psyche yang menguji tekad, kesabaran, keuletan, keberanian hati, bahkan hingga masuk ke dunia kematian untuk mendapatkan air awet muda di dalam sebuah vas  untuk aphrodite. singkat cerita, psyche berhasil melakukan semua tugas, namun psyche mengintip isi air awet muda dan menyebabkan psyche menjadi amnesia dan tidak sadar diri, dia melupakan segala hal tentang eros.

eros yang mendengarkan hal itu mendatangi zeus dan pada akhirnya zeus mengembalikan psyche seperti semula dan eros memohon pada zeus untuk mengijinkan dia yang dewa agar bisa diterima dan hidup sebagai manusia bersama psyche, dan mereka pun menikah.

bagi saya, hal yang menarik adalah apa yang tersirat dan tak tertulis langsung di dalam cerita. nama eros dan psyche jika diterjemahkan dlaam bahasa latin dan yunani berarti jiwa dan pemikiran.eros dan psyche memiliki anak yang bernama voluptas yang berarti kesenangan. saya pribadi mengartikan begini: platonic love adalah persatuan antara pikiran dan jiwa, kebahagian yang tertimbulkan berasal dari sana, bukan secetek physical attraction saja.

nah, dari segi filsafat (yang di atas itu mitologi Yunani), dalam the symposium, Palto menggambarkan kedua pasangan ini sebagai metafora yang tepat dalam menjelaskan tentang cinta. cinta yang merupakan persatuan dari pikiran dan jiwa. perasaan cinta yang mendorong inspirasi, pemikiran, jiwa dan arah serta tujuan hidup untuk sesuatu yang sifatnya spiritual. Apresiasi terhadap cinta membuahkan apa yang disebut kesucian. Maka dari itu, platonic love ini indahnya luar biasa. Sangat suci, sakral dan dipenuhi dengan aroma spiritual yang sangat dalam, dahsyat, dan luar biasa.

lebih dalam lagi, platonic love ini tidak menghendaki “kepemilikan”, sebab dalam kepemilikan terdapat rasaingin memiliki dan menguasai hal yang kita cintai. romansa dalam platonic love ini tercipta dari kepasrahan dan kerelaan dalam mencintai, bahkan untuk membagi si dia yang dicintai kepada yang lain.

Bagi saya pribadi, cinta semacam ini adalah cinta yang illahiah. cinta yang paling murni.cinta yang berarti Cinta. Cinta yang selalu jadi Cinta pertama. Cinta yang intim, yang cuma perlu diketahui oleh yang mencintai dan yang dicintai. Cinta kepada Sang Maha Cinta. hanya saja, rasanya menyenangkan jika pasangan hidup saya nantinya juga bisa memahami hal ini tanpa perlu ada kecemburuan satu sama lain🙂

mungkin seperti yang sudjiwo tedjo bilang : ” Cinta adalah saat kau lihat wujud Tuhan dalam diri kekasih”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 14, 2013 by in Rekayasa Otak and tagged , , .
Product Logic

Dan Schmidt's thoughts on building products.

The Hardest Science

A psychology blog. Thoughts about the mind, science, society, and whatever else.

Bermatematika

Blog Matematika ala Hendra Gunawan

Bersains

#Bersains

Jejak Kehidupan

"SEringkali hidup ini menyakitkan, seringkali hidup ini membosankan, bahkan seringkali hidup ini mengecewakan. Tetapi dibalik semua itu tersimpan suatu harapan unutk mencapai keberhasilan dan kesuksesan" Tuhan memberikan kita dua kaki untuk berjalan, dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat. Tetapi mengapa Tuhan hanya menganugerahkan sekeping hati pada kita ? Karena Tuhan telah memberikan sekeping lagi hati pada seseorang untuk kita mencarinya. Itulah Cinta ...

Maritime Cyprus

International Maritime News Forum

Othervisions

there's a life beyond our life, so go out there

LADYKITARI

Writing to reach you.

KATA NYA

"you're here for a reason"

%d bloggers like this: